Ketekunan, kerja keras, ketelitian merupakan kunci sukses berbisnis . Selain itu dibutuhkan pula kesabaran dan ketelatenan jangka panjang dalam menjalankan bisnis.
Selain itu, diperlukan juga strategi dalam menjalankan bisnis. Penjualan menjadi salah satu kunci keberhasilan bisnis. Strategi pertama yang harus Anda lakukan ialah meningkatkan jumlah pelanggan.
Ini memang bukan perkara mudah, perlu strategi dan kiat untuk mewujudkannya. Cara mudah menjaring pelanggan baru, umunnya dengan menawarkan produk yang ada atau mengembangkan penawaran baru. Idealnya Anda akan harus memanfaatkan penawaran Anda untuk memasuki pasar baru atau memperluas jangkauan dalam pasar yang ada.
Untuk mendeteksi pasar, ada baiknya Anda melakukan sebuah riset. Riset pasar merupakan strategi awal untuk menjual. Hal ini mengajarkan Anda banyak hal tentang apa yang akan Anda perlu tahu untuk secara efektif menjangkau pelanggan baru, seperti apa yang harus dikatakan, lalu bagaimana mengatakannya dan kepada siapa.
Setelah itu, Anda harus meningkatkan frekuensi pembelian. Jalur cepat meningkatkan frekuensi pembelian adalah dengan membuat semudah mungkin bagi pelanggan untuk melakukan transaksi dengan Anda berulang kali. Cara lain adalah memberikan nilai tambahan bagi pelanggan, yang akan bermuara pada terbangunnya loyalitas para pelanggan.
Jika Anda membuat sistem yang lebih memudahkan bagi pelanggan dalam melakukan transaksi dengan Anda, lalu pelanggan membandingkan dengan kompetitor usaha sejenis, maka Anda akan menjadi pihak yang lebih unggul dari mereka.
Strategi lain untuk meningkatkan frekuensi pembelian ialah layanan purna jual atas berbagai produk ataupun jasa yang kita pasarkan. Pada umumnya pembeli atau pelanggan sangat mempertimbangkan pelayanan purna jual dari produk yang memberikan jaminan pada mereka.
Meningkatkan jumlah unit yang terjual menjadi langkah terakhir. Secara logika, bila Anda meningkatkan jumlah unit yang terjual, maka Anda pun mendorong meningkatnya jumlah pelanggan sekaligus mendongkrak jumlah transaksi dari pelanggan Anda.
Dan jika Anda ingin menjual lebih banyak produk, Anda harus konsisten dalam terciptanya nilai tambah bagi pelanggan. Caranya? Anda hanya perlu memahami, bagaimana pelanggan Anda menafsirkan, mendefinisikan, dan mengukur nilai yang mereka terima dari produk dan jasa Anda.
Untuk melihat hasil yang nyata, Anda harus pula memulai dengan pengetahuan yang telah Anda ketahui seputar pelanggan Anda. Karena dengan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai pelanggan, Anda sudah mengantongi sebagian modal untuk meningkatkan garis pertumbuhan pada keuntungan perusahaan Anda.
Fokuslah pada kebutuhan pelanggan Anda yang akan menjadi informasi dasar dalam meningkatkan angka penjualan yang lebih banyak, mempertahankan pelanggan, serta memperoleh pelanggan baru. (as/dari berbagai sumber)
No comments:
Post a Comment
Nama :
Pendidikan :